Sabtu, 07 Mei 2016

Tiket Kereta Api Dari Masa Ke Masa

Kereta api merupakan salah satu perusahaan angkutan darat milik negara. Jalur kereta api membentang dari ujung timur pulau jawa hingga ujung barat pulau jawa. Ini merupakan peninggalan dimasa kolonial belanda yang dulu dipergunakan untuk sarana pengangkutan hasil bumi dan pangangkutan orang dari satu tempat ke tempat lain.

Dulu dan sekarang pasti sangat berbeda. Jelas, perkembangan teknologi selalu bergerak maju. Banyak sekali perubahan-perubahan yang ada di tubuh kereta api indonesia yang mewarnai zaman dari tahun ke tahun.

Dari alatnya sendiri, lokomotif dan gerbong seiring berjalannya waktu mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan kendali dari sistem manual ke sistem yang terkomputerisasi hingga pelayanan yang semakin bagus.

Yang paling menarik antara doeloe dan sekarang, terdapat perbedaan yang sangat mencolok yaitu bentuk tiket kereta api. Tiket kereta api pada saat kurang lebih 10 tahun yang lalu hanya selembar kertas yang tebal dengan ukuran yang kecil kira kira panjang dan lebarnya sekitar 3x5 centimer menjadi selembar kertas yang tipis dan lebar, mungkin seukuran A5 atau seukuran amplop.

Bukan hanya ukuran tiket kereta api yang berubah, tapi bentuknya pun mengalami pembaruan sesuai jaman. Mungkin saja suatu hari nanti akan ada tiket kereta api digital.

Sebenarnya ada lagi perubahan yang terjadi dalam tiket kereta api dari masa ke masa salah satunya adalah cara membelinya. Dulu, orang-orang rela berjubel-jubel antri membeli tiket kereta api namun sekarang hal itu rupanya sudah tidak berlaku lagi. Terobosan teknologi dunia teknologi informasi di era digital membuat perubahan besar dalam hal pertiketan. Ya, sekarang anda tidak perlu mengantri berjam-jam lamanya hanya untuk membeli tiket pulang ataupun pergi.

Sistem pembelian tiket secara online disebut juga tiket online atau bahasa kerennya adalah online ticketing. Disini anda memang tidak perlu mengantri berjam-jam, dan tidak ada pilihan untuk meminta nomor tempat duduk. Tapi, sekarang sudah bisa. Tanpa harus ke loket tiket, anda bisa membeli tiketnya dan bebas memilih kursi yang perlu anda lakukan hanyalah mengakses website resmi penjual tiket seperti wesbsite resmi tiket kereta api itu sendiri atau melalui pihak ke tiga yaitu tiket.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar